Korupsi Alquran, Suryadharma Ali Diduga Terlibat


Jakarta - Dugaan keterlibatan Menteri Agama, Suryadharma Ali, dalam kasus pengadaan Alquran dan Laboratorium Komputer semakin menguat.
Kepala Seksi Perlengkapan Bagian Umum Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Bagus Natanegara, mengatakan Fahd El-Fouz pernah menggelar percakapan lewat telepon dengan orang yang diduga Menteri Agama untuk mendesak pemenang tender pengadaan laboratorium komputer MTs segera diumumkan.
"Saat itu, percakapan mereka (Fahd-Menag) dibesarkan, semua yang di ruangan bisa dengar percakapan itu," kata Bagus dalam sidang korupsi Alquran di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan terdakwa Zulkarnaen Djabar dan Dendy Prasetya, Kamis (7/3/2013).
Namun, Bagus tidak bisa memastikan suara di seberang sana benar-benar Suryadharma Ali atau bukan. "Saya tidak tahu benar apa enggak. Tapi menurut teman-teman, mereka (rombongan) itu anak jin. Saktilah saya pikir pak. Dalam hati saya, dia (Fahd) saja bisa sampai menelpon Menteri," ujar Bagus.
Fahd menebar ancaman dengan membawa nama Menteri pada 16 November 2011. Sebelumnya, Pegawai Negeri Kementerian Agama yang menjabat Ketua Unit Layanan Pengadaan Laboratorium Komputer 2011, Muhammad Zen, mengatakan nama Menteri Suryadharma Ali turut dibawa Fahd El-Fouz.
"Di pertemuan itu saudara Fahd seolah-olah menelepon orang. Yang saya ingat, hallo Pak Menteri, saya ada di Ruang Bapak," kata Muhammad Zen menirukan omongan Fahd.
Dalam kasus ini, Zulkarnaen Djabar bersama anaknya, Dendy Prasetya Zulkarnen Putra dan Fahd El-Fouz terbukti menerima Rp14.390.000.000 yang diduga berasal dari dua proyek tersebut. Zulkarnaen Djabar dan Dendy Prasetya didakwa telah melanggar pasal 11 jo pasal 18. UU No.31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No.20 Tahun 2001, serta pasal 55 ayat 1 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.
Selain itu Jaksa juga menyatakan bahwa Zulkarnain dan Dendy terbukti meelanggar pasal 5 angka 4 UU RI No.28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan negara.

Comments