Abraham Samad Pastikan Hilmi dan Anis Matta Terkait Fathanah atau Luthfi

Hilmi Aminuddin dan Anis Matta
Hilmi Aminuddin dan Anis Matta
Jakarta - Rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hilmi Aminuddin dan Presiden PKS Anis Matta bukan sesuatu yang gegabah.
KPK merencanakan memanggil Anis Matta pada Senin (13/5) dan Hilmi Aminuddin pada Jumat (10/5) karena mereka berdua terkait dengan tersangka kasus suap kuota impor sapi mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dan orang dekatnya, Ahmad Fathanah.

"Pastilah terkait dengan tersangka Ahmad Fathanah dan tersangka Luthfi Hasan. Pasti kan begitu. Tidak ada terkait dengan hal lain," tegas Ketua KPK Abraham Samad di Jakarta, Kamis (9/5).
Saat ditanya apakah pemanggilan Hilmi terkait anaknya Ridwan Hakim, dan pemanggilan Anis terkait adiknya Saldi Matta yang pernah diperiksa KPK sebagai saksi, Samad tidak membantahnya. Namun, Samad menegaskan, semua orang yang dipanggil oleh KPK setidaknya memiliki kaitan terhadap kasus korupsi yang tengah diungkap KPK.

"Semua itu ada kaitannya. Orang yang dipanggil pasti ada kaitannya dengan tersangka. Siapa tersangkanya? Bisa Fathanah, bisa LHI. Jadi orang dipanggil sehubungan sebagai saksi dan akan diminta keterangan, diklarifikasi. Misalnya Ayu Azhari, siapa itu perempuan-perempuan, pasti akan dipanggil keterkaitannya sebagai saksi."

Apa nama Hilmi dan Anis disebut oleh Fathanah dan Luthfi? Abraham pun bungkam dan enggan menjawabnya dengan alasan pertanyaan tersebut sudah masuk wilayah materi penyidikan dan bersifat rahasia. Selain itu, Abraham pun terikat oleh kode etik untuk tidak menyampaikan materi penyidikan.

"Itu sudah masuk materi. Saya terikat dengan kode etik untuk tidak menyampaikan. Nanti kalau saya menyampaikan, kena kode etik. Saya tidak mau kena dua kali. Nanti saya dilengserkan," tutup Abraham.
Sumber: https://www.metrotvnews.com
             https://infokorupsi.com

Comments